Berlibur di Solo dengan Tiket Kereta Jakarta Solo Terbaru

berlibur di solo

Kota Solo atau Surakarta merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah, yang menawarkan berbagai destinasi wisata favorit. Bagi kamu yang ingin berlibur sambil belajar mengenai sejarah dan budaya, Kota Solo merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Solo dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Tengah yang masih sangat kental dengan budaya dan sejarahnya. Berlibur di Solo mudah dengan tiket kereta Jakarta Solo.

Kamu bisa menemukan beragam destinasi wisata bersejarah untuk menambah wawasan di Kota Solo. Jika kamu tertarik untuk menghabiskan liburan ke Kota Solo, sebaiknya pesan tiket kereta Jakarta Solo sekarang juga. Agar kamu tidak bingung sesampainya di Solo, simak informasi mengenai beberapa wisata bersejarah di Kota Solo berikut ini.

  • Keraton Kasunanan Surakarta

Wisata bersejarah pertama yang ada di Kota Solo adalah Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton ini dibangun pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II menggunakan gaya arsitektur campuran antara Jawa dan Eropa.

Di dalam keraton, kamu bisa melihat berbagai koleksi barang-barang peninggalan keluarga kerajaan, mulai dari berbagai jenis senjata kerajaan, alat masak abdi dalem, hingga berbagai alat musik dan kesenian kerajaan yang tersimpan rapi.

  • Taman Balekambang

Selanjutnya merupakan wisata bersejarah kedua yang ada di Kota Solo yaitu Taman Balekambang. Berdasarkan sejarah taman ini dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII sebagai rasa kasih sayang kepada kedua putrinya.

Di sini kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana asri taman, serta berfoto bersama keluarga di beberapa spot yang tersedia. Ingin menikmati suasana liburan yang nyaman dan tenang di Solo, sambil belajar mengenai sejarahnya. Yuk pesan tiket kereta Jakarta Solo sekarang juga!!

  • Benteng Vastenberg

Benteng Vastenburg merupakan salah satu peninggalan Belanda yang menjadi destinasi wisata favorit di Solo. Lokasi benteng ini berada di kawasan Gladak, Surakarta yang dibangung pada tahun 1745.

Benteng ini digunakan sebagai bagian dari pengawasan Belanda pada saat menguasai Surakarta atau Solo, khususnya di wilayah keraton. Setelah lama tidak digunakan pada tahun 2014, benteng ini akhirnya direnovasi, kemudian digunakan sebagai salah satu destinasi wisata di Solo.

  • Kampung Batik Kauman Solo

Seperti ada yang kurang jika berkunjung ke Jawa Tengah tidak mampir ke Solo, lebih tepatnya di Kampung Batik Kauman Solo. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Kauman, Pasar Kliwon. Awalnya merupakan perkampungan yang digunakan oleh keluarga Keraton Surakarta sebagai tempat pembuatan kain batik.

Namun sekarang kamu sudah bisa menjumpai kain batik di berbagai toko di seluruh Indonesia. Walaupun demikian, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke kampung ini untuk belajar mengenai cara pembuatan batik.

  • Monumen Pers

Monumen Pers Nasional merupakan salah satu gedung tertua yang berada di Kota Solo. Tempat ini menjadi radio publik pertama yang dioperasikan oleh masyarakat Indonesia sekitar tahun 1918. Selain itu monument ini juga berfungsi sebagai museum tempat terbentuknya organisasi jurnalis, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Bangunan ini didirikan pada pemerintahan Mangkunegara VII yang merupakan seorang pangeran Surakarta.

  • Monumen 45

Wisata bersejarah di Solo yang terakhir adalah Monument 45 Banjarsari. Pemerintah mendirikan monument tersebut sebagai bentuk peringatan sejarah atas perjuangan rakyat Surakarta. Monument ini diresmikan pada tanggal 10 November 1976 oleh Gubernur Jawa Tengah, setelah menghabiskan waktu sekitar tiga tahun proses pembangunan.

Struktur bangunan monument ini berbentuk atas menyerupai rumah Joglo dengan ketinggian 17 meter melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia.

Itulah ulasan mengenai beberapa wisata bersejarah di Solo, bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut. Langsung saja pesan tiket kereta Jakarta Solo melalui aplikasi digital sekarang juga!! Berlibur di Solo mudah dengan tiket kereta Jakarta Solo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *